Sabtu, 21 Februari 2009

Dengan SMS Game, Kelola Jutaan Pelanggan


SMS game masih menjadi model bisnis yang menguntungkan bagi perusahaan, ketika menjalankan konsep mobile marketing. Hal itu terlihat dari keberhasilan MTS (Mobile Telesystems), operator mobile phone Rusia yang sukses menggelar program tersebut pada tahun 2008. Tidak hanya sukses mempertahankan pelanggan, program tersebut juga berhasil meningkatkan pendapatan.

MTS adalah operator mobile phone terbesar di Rusia dan negara CIS (Commonwealth of Independent States) dengan total pelanggan mencapai 86,3 juta dan 60,86 juta pelanggan berada di Rusia. Menghadapi persaingan yang ketat, penurunan jumlah pelanggan, serta penuruan ARPU (average revenue per user) MTS menggelar program inovatif yang melibatkan pelanggannya. Tujuan dari program tersebut adalah memantain pelanggan tetap, menstabilkan ARPU-nya serta meningkatkan pendapatan dari layanan nilai tambah MTS.

Konsep kampanye tersebut berbasis kuis interaktif lewat SMS dengan lebih dari 2 ribu pertanyaan menghibur dan 300 pertanyaan mengenai data base pelanggan yang akan digunakan untuk kepentingan pemasaran MTS masa depan. Setiap hari, peserta yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapat hadiah, dengan hadiah grand prize berupa uang tunai US$ 1 juta.

Kampanye tidak hanya dilakukan lewat mobile phone tetapi juga lewat internet dan diiklankan di televisi, ditujukan kepada pria dan wanita usia 25-54 tahun. Kelompok usia tersebut adalah kelompok orang yang memiliki gairah untuk mengikuti game, tetapi juga merupakan kelompok yang memiliki kecurigaan tinggi terhadap promosi yang diduga merugikan mereka.

Hasil yang dicapai cukup mengagumkan. Sekitar 24 juta pesan berhasil dikirim selama kurun waktu tiga bulan dengan peserta sebanyak 5 persen dari jumlah pelanggan MTS. Lebih dari 100 orang berhasil menjadi pemenang, dan hadiah grand prize berhasil direbut seorang wanita berusia 40 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar