Senin, 23 Februari 2009

Belanja Gagasan di Innocentive

Anda punya rencana pengembangan produk masa depan di perusahaan Anda, namun belum menemukan jalan keluar yang tepat? Cukup memposting problem tersebut ke situs InnoCentive (www.innocentive.com) sebagai seekers. Maka problem itu akan “diteruskan” kepada para ilmuwan, innovator, dan product developer di manapun di dunia (solvers) untuk dapat diselesaikan. Tentu saja Anda harus memberi imbalan kepada ilmuwan dan innovator yang berhasil memberikan solusi terbaik.

Didirikan pada tahun 2001, Innocentive memiliki lingkup riset dan pengembangan pada berbagai bidang mulai dari engineering, komputer, matematika, kimia dan farmasi, life sciences dan bisnis. Beberapa raksasa global yang telah memanfaatkannya antara lain Procter & Gamble, Dow AgroSciences, dan Eli Lilly. Sampai tahun 2005 setidaknya ada 34 seekers yang mem-posting 200 challenge di 40 disiplin ilmu.

Dari 200 challenge tersebut setidaknya 58 di antaranya sudah diselesaikan oleh lebih dari 120 ribu solver. Solusi itu datang dari para ilmuwan dan innovator AS, Eropa, Rusia, Cina, India, dan Argentina. Imbalan yang diberikan kepada mereka bervariasi antara US$ 10.000-100.000. Sampai saat ini sudah tiga juta dolar diberikan kepada para solver.

Kasus InnoCentive meyakinkan kita mengenai kekuatan collective wisdom. Perusahaan dapat meng-open source unit R&D-nya kepada pool of scientists & innovators di luar perusahaan dengan menggunakan konsep bazaar seperti yang disediakan Innocentive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar